Kamis, 19 Februari 2015

7 Hewan paling beracun di dunia

Hewan yang memiliki racun pada umumnya menggunakan racun tersebut sebagai alat pertahanan diri dari pemangsa, racun yang dihasilkan merupakan senyawa kimia yang dapat membunuh hewan atau manusia dengan waktu tertentu. Racun pada umumnya melumpuhkan sistem kerja organ dalam tubuh sehingga tubuh merasa tak berdaya lumpuh lalu mati. Ada kalanya senjata ini digunakan untuk mencari buruan kemudian dimangsa. Adapun hewan paling beracun didunia sebagai berikut :

1. Ubur-ubur kotak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8oCtb7MTzIvRks5hrGlEWJOFdKDSNekObP5a0b818yPa2Z0kOUrCPKzv9IGHvsX8Px83KU4LnpYcvZo4Ms9v-nNq8u1Zvj532_fuxQz_q5_feLtgPXZ22-RKWWTIAomvlE1Dli3Lqhru-/s1600/box.jpgHewan yang hidup di air ini terkenal dengan bentuknya yang mirip agar-agar dengan warna yang transparan. Ubur-ubur kotak adalah invertebrata cnidaria yang dibedakan oleh medusa berbentuk kubus. Hewan ini setidaknya telah memakan korban jiwa sebanyak 5.567 kasus sejak tahun 1954. Senjata utama ubur-ubur kotak adalah tentakelnya yang sangat beracun bila tersengat. Efek langsung yang dirasakan korban bila tersengat racun ubur-ubur ini adalah rasa sakit yang luar biasa hingga dapat menghentikan kinerja jantung, sistem syaraf dan sel-sel kulit.



2. Ular King kobra
http://cdn4.sci-news.com/images/enlarge/image_1595_1e-King-cobra.jpgKing kobra merupakan ular terbesar beracun didunia yang dapat tumbuh hingga 5,6 Meter. King kobra juga merupakan pemangsa ular lain yang lebih kecil dari ukurannya. Racun King kobra dapat dengan mudah membunuh manusia dewasa dengan suntikan racun 5 kali lebih banyak dari pada ular berbisa lainnya. Dengan kemampuan racunnya yang besar king kobra dapat membunuh Gajah Asia dewasa dalam jangka waktu 3 jam. King kobra banyak ditemukan di dataran tinggi hutan-hutan di Asia Tenggara dan Selatan.



3. Siput Marbled Cone
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiLbAXovaE1xIL7hrphoCQ-1EgzUkRiCXWN7rBMDDUw8FT7l0KZMTO9vrXiFlQBQC4OSoWgTYSt8IcJ2KIENVCAIx8BsD9VE-h30JlonNrHXPzMiGKS3CIhALkc5X6T0dXxUBl1xsFJ5c/s1600/cone+snail.jpgHewan ini merupakan salah satu jenis siput paling beracun didunia. Kemampuan racun siput ini sangat luar biasa, satu tetes racun dari siput ini dapat membunuh setidaknya 20 manusia dewasa. Senjata utama siput ini adalah meriam racun yang dapat menembakan racun ke arah mangsanya. Tujuan utamanya adalah pertahanan diri dari mangsa yang lebih besar dan lebih kuat. Namun korban jiwa atas racun siput ini hanya 30 kasus.





4. Gurita dengan lingkaran biru
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTddhZqbu5byjABmwaKEAEYkKNHOXzosEj2O98zIt-TIigCt0KbProGtoPQPSnlh3_Ay8r2P3Vtz1Ii8_rD-ybfx36lbFtScyYi6RfdyuTgJvBknwTw3hXioV9wVKJ06t54ACk1LMc6os/s1600/Gurita+Dengan+Lingkaran+Biru.jpgLagi-lagi hewan laut, gurita yang satu ini berukuran sangat kecil dari ukuran Gurita pada umumnya. Besar Gurita ini setara dengan 1 bola golf, namun jangan salah Gurita ini memiliki racun yang sangat berbahaya. Racun Gurita ini mampu membunuh 26 Manusia dewasa sekaligus. Racun dari Gurita ini menyebabkan gagal pernapasan, lumpuh total dan kematian. Gurita ini sering ditemukan pada air pasang di sepanjang pantai pasifik Jepang dan Australia. Sampai saat ini belum ditemukan anti racun untuk mengobati pasien yang terkena racun gurita ini.



5. Kalajengking Death Stalker
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiHpe0CEeXK6e4wUYCCTd0PO874Xn3tplot9xk-YYvDUiEOOmVZkaYz6IFH4tQ6Od-pKYt8Uqvkfthkle9xNVwB1De9KO8jS0yB6YuGhtmCGcW4CTundMVV4c-AGO9-0SQJ81n_wCBu6a8Y/s1600/death-stalker-scorpion.jpgDari namanya saja sudah menggambarkan hewan pembunuh, dengan nama tersebut sudah dapat dibayangkan seberapa beracunnya Kalajengking ini. Namun racun kalajengking ini tidak sebegitu seram seperti namanya. Untuk orang dewasa resiko terkena racun kalajengking ini adalah rasa sakit, kejang-kejang, koma, kelumpuhan dan resiko terbesarnya adalah kematian. Namun untuk anak-anak dan orang tua yang beresiko terkena serangan jantung tentu sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematia akibat sersengat oleh kalajengking ini.


6. Ikan Stonefish
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizl3zpuTZeglPEEsjtltaEkIceFPRTKXblwVcNMfn6ahdjzRQ_45mMrityj3UKWX7LXroOdLdpusXbpkQLXgS1yETv07Et3KBOQHYltUv7PBOdIXL_QPkxfOtTPyjVdObFnkSLQzQqJ9s/s1600/ikan-batu.jpgIkan buruk rupa ini memang terlihat sangat seram karena bentuknya seperti batu. Ikan ini memiliki manufer untuk menyamar sebagai batu karang dan yang paling terkenal dari ikan ini adalah racunnya yang sangat mematikan. Racun dari ikan stonefish ini disimpan pada duri di kulit bagian luar. Racun pada duri ini sebenarnya adalah senjata pertahanan diri dari predator yang mungkin ingin memangsa ikan ini. Ikan ini biasanya hidup di perairan dangkal laut teropis.


7. Laba-laba Brazilian wandering
http://alam.uniknya.com/wp-content/uploads/2014/08/Brazilian-wandering-spider.jpgLaba-laba ini masuk dalam Guinness book of record sebagai laba-laba paling beracun didunia. Laba-laba ini memiliki daya jelajah yang luas dan mampu berpindah tempat dengan cepat. Laba-laba ini biasa bersembunyi pada siang hari. Hewan ini juga sering ditemukan pada permukiman manusia dan sangat berbahaya bila digigit oleh laba-laba ini. Resiko terbesar bila digigit laba-laba ini adalah kematian yang diiringi rasa sakit yang luar biasa.


Itulah daftar hewan paling beracun didunia, yang mungkin bisa menjadi referensi buat teman-teman. Agar lebih berhati-hati bila menemukan secara tidak sengaja salah satu dari hewan diatas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan untuk meninggalkan komentar yang mendidik dan membangun, berbobot sesuai dengan artikel yang dibaca