Jumat, 20 Februari 2015

We are family SMA Negeri 2 Manokwari

Hallo kawan-kawan, hari ini saya akan share sebuah kenangan dan masa yang menurut saya merupakan salah satu masa terindah dalam hidup saya.
SMA Negeri 2 Manokwari merupakan rumah tempat saya menuntut ilmu. Disini saya mulai merasakan hangatnya memiliki banyak teman dan menjadi satu dalam keluarga besar. Diawal pendaftaran hingga merasakan kelulusan merupakan cerita yang singkat bila dikenang. Motivasi yang setiap hari mengalir dari guru-guru membuat kami memiliki harapan yang besar untuk diperjuangkan. Walau banyak suka dan duka yang pernah saya alami disini, secara keseluruhan Smanda mawar banyak meninggalkan memori yang indah dalam kepala saya.

Mos (Masa Orientasi Siswa)
Yang saya ingat dari MOS adalah salah satu kenangan yang sangat melelahkan, 3 hari menjadi bahan candaan kakak kelas dengan atribut yang aneh menjadikan saya sadar untuk memulai sesuatu dari awal, "Hari ini akan menjadi hari terbaik dalam hidup saya". Momen-momen dalam foto ini tak dapat saya gambarkan dengan kata-kata. Semua kenangan ini tak dapat saya ulangi lagi.




Setelah melewati MOS yang melelahkan, saya mulai dihadapkan terhadap salah satu dilema anak sekolah yaitu masuk sekolah siang. Hal ini dikarenakan gedung SMA Negeri 2 Manokwari yang akan dibongkar untuk direnovasi. Namun kami jalani semua itu dengan penuh semangat walaupun sangat berpengaruh pada proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Setelah semester satu dilewati barulah kami dapat menikmati sekolah pagi dengan normal kembali.
Kondisi Sekolah yang semakin gencar direnovasi memaksa kami untuk beradaptasi dengan suara-suara bising disekitar kelas.

 Menjadi anggota OSIS
Saya mulai tergabung dengan OSIS pada saat kelas X semester 2 jabatan saya pada saat itu adalah sebagai anggota. Pada periode OSIS selanjutnya saya terpilih lagi menjadi salah satu anggota OSIS dengan jabatan adalah sebagai koordinator keamanan. Kami yang tergabung dalam anggota OSIS merupakan campuran dari perwakilan kelas dan jurusan. Berikut adalah acara pelantikan OSIS pada saat saya terpilih yang kedua kalinya.
Saya (kiri) Wali kelas (tengah) Esti (tengah) Delsiana (kanan)

Foto bersama usai pelantikan
Program-program OSIS yang kami jalankan cukup padat mulai dari perayaan hari besar, lomba-lomba, HUT SMA Negeri 2 Manokwari dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah momen-momen kegiatan OSIS SMA Negeri 2 Manokwari. Yang dapat saya tampilkan hanya sedikit dari sekian banyak kegiatan yang ada.



Kepala Sekolah membuka Acara dan Lomba



Kegiatan Lomba Rangking 1


Jalan santai

Kerja bakti

Kerja bakti

Ibu Ismi memberikan instruksi saat kerja bakti


Padat dengan kegiatan
Kegiatan Sekolah maupun luar sekolah banyak kami ikuti untuk membawa harum nama SMA Negeri 2 Manokwari. Mulai dari kegiatan Pramuka,  LDBI, PIK, LCC 4 Pilar, LPI, FLS2N, OSN, dll. Dari beberapa kegiatan diatas yang pernah saya ikuti adalah Pramuka, LDBI, PIK, LCC 4 Pilar dan OSN. Walaupun tidak semua hasilnya maksimal saya bersyukur dapat merasakan kesempatan yang berharga saat membawa nama SMA Negeri 2 Manokwari. Oleh dukungan Guru-guru dan semangat dari teman-teman saya merasakan eratnya sebuah ikatan antara kami sebagai satu keluarga besar. Berikut ini saya tunjukan beberapa foto pada saat saya mengikuti beberapa kegiatan atau lomba tersebut.

Pramuka (Dalam rangka Tapak Bonden Powel)
 

LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia) Cisarua, Bogor 2012



Pada saat Tecnical Meeting membahas peraturan Lomba Debat
Tidak terasa dengan berjalannya waktu kami sudah menginjak bangku kelas XII dimana kami dipersiapkan untuk mengikuti UN dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk itulah perlu dilantik pengurus OSIS baru untuk meneruskan perjuangan kami sebelumnya.

Pelantikan OSIS baru
SMA Negeri 2 Manokwari merupakan satu-satunya sekolah di Manokwari yang melakukan sistem pemilu saat memilih Ketua OSIS dan pengurus inti. Hal ini sangat baik untuk siswa agar membiasakan diri hidup demokratis dan aktif berpartisipasi didalamnya. Setelah pemilu selesai dilaksanakan kemudian dilakukan penghitungan suara. Kandidat yang memiliki jumlah suara terbanyak akan dilantik sebagai Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS. Ketua dan Wakil ketua OSIS memiliki hak untuk menyusun kabinetnya dengan memilih perwakilan kelas dan jurusan. Berikut ini adalah foto-foto saat pelantikan OSIS yang baru.
Acara Pelantikan

Pengucapkan janji

Penandatangan serah terima jabatan dari Ketua OSIS sebelumnya kepada Ketua OSIS baru

Siswa yang menghadiri Acara Pelantikan OSIS
Dengan terbentuknya kepengurusan baru banyak harapan dan cita-cita yang ingin diraih. Kami pengurus lama berharap yang terbaik untuk kepengurusan-kepengurusan selanjutnya, agar SMA Negeri 2 Manokwari dapat menjadi teladan bagi masyarakat dan sekolah-sekolah lain.

Salah satu momen kebersamaan antara Pengurus OSIS lama dan Pengurus Osis baru
Perpisahan
Dengan berakhirnya UN dan dibagikannya hasil UN, tiba saatnya kami mencari jalan kami masing-masing. Dengan begitu kami akan berpisah cukup lama dan bila Tuhan mengizinkan kami dapat berkumpul disuatu saat nanti, namun kebersaan yang akan datang tidaklah seutuh dulu. Momen inilah yang kami akhiri dengan acara perpisahan. " Goodbye is never pain if you never say Hello again" Merupakan tema perpisahan kami agar kami tidak saling melupakan melainkan saling mengingat satu sama lain.

Suasana Acara perpisahan




Salam-salaman antara siswa dan Guru

Cerita ini akan dikenang oleh setiap pribadi kita yang mungkin pernah merasakannya, kadang suka dan duka menghampiri namun selalu ada teman dan Guru yang menjadi motivator membantu kita agar tetap kuat berdiri. Jangan pernah melupakan almamater mu karena disanalah mulai dibentuk siapa dirimu sekarang. Lepaskan yang tidak baik dan kenakanlah yang baik agar apa yang kamu tabur itulah yang kamu tuai. Belajarlah dari kesalan jangan pernah sepelekan teguran, karena setiap teguran memiliki tujuan baik. Semoga bermanfaat.


2 komentar:

Diharapkan untuk meninggalkan komentar yang mendidik dan membangun, berbobot sesuai dengan artikel yang dibaca