Sabtu, 21 Februari 2015

Bagaimana mendapatkan tidur yang berkualitas ?

Tidur yang lelap merupakan saat dimana sel-sel tubuh kita dipulihkan kembali.
Agar hasil pemulihan tersebut maksimal kita harus memiliki tidur yang berkualitas antar 8-9 jam dalam satu hari. Pada tubuh normal tidur berkualitas diperoleh dari tidur malam, ini dikarenakan tubuh melakukan istirahat yang panjang untuk memulihkan tubuh. Kali ini saya akan membagikan tips bagi teman-teman semua agar dapat memaksimalkan tubuh mendapatkan tidur yang lelap pada malam hari dan bagi teman-teman yang susah tidur sangat dianjurkan untuk membaca artikel ini.

1. Kurangi aktivitas malam
Aktivitas malam yang melebihi jam tidur akan mempengaruhi tubuh beradaptasi dengan keadaan tersebut, sehingga dalam jangka waktu yang lama tubuh kita akan terbiasa dengan tidur larut malam. Akibatnya tidur kita menjadi singkat dan tidak baik untuk kesehatan. Bila kita seharusnya bangun jam 6 pagi namun karena tidur larut akhirnya bangun jam 9 keatas akan mempengaruhi mood dan kesegaran tubuh.

2. Tidur siang singkat
Tidur siang yang diperbolehkan menurut hasil studi hanya 15 menit, namun pada umumnya dapat menjapai 1 hingga 3 jam. Tidur siang sebenarnya tidak dianjurkan karena tubuh sepatutnya bekerja pada siang hari dan akan beristirahat pada malam hari. Namun karena kebiasaan dari kecil sulit rasanya melepaskan tidur siang. Sehingga bila tubuh merasa lelah dan ingin tidur pada siang hari, tidurlah dengan alarm agar anda tidak melebihi batas waktu yang disarankan. Karena tidur siang yang terlalu lama tidak baik pada tubuh dan akan mempengaruhi tidur malam anda.

3. Konsumsi buah-buahan
Dengan mengkonsumsi buah-buahan akan membantu tubuh anda mempercepat perbaikan metabolisme. Buah yang dikonsumsi pun bermacam-macam, namun buah yang sangat baik untuk memperbaiki metabolisme tubuh adalah pisang. Dengan terbentuknya metabolisme akan memudahkan anda mendapatkan tidur yang berkualitas pada malam hari. Selain mempercepat proses metabolisme tubuh, pisang juga sangat baik untuk pencernaan.

4. Matikan lampu
Sinar lampu yang menyinari pada saat anda tidur sangat menggangu ketenangan dalam mencapai tidur yang lelap. Dengan mematikan lampu tubuh akan terasa lebih nyaman dan lelap pada saat tidur. Dengan mengurangi cahaya dalam kamar akan membantu meregenerasi sel-sel kulit sehingga kulit anda lebih kencang dibandingan dengan orang lain yang tidur dalam pencahayaan lampu.

5.Jauhkan gadget dan barang elektronik
Gadget dan barang elektronik lainnya akan mengganggu anda saat tidur, hal ini dikarenakan adanya radiasi dari barang-barang elekrtonik yang sangat berpengaruh pada tidur anda. Ada baiknya matian seluruh barang elektronik di kamar anda seperti TV, Laptop/Komputer, HP dll. Agar mendapatkan suasana tidur yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan untuk meninggalkan komentar yang mendidik dan membangun, berbobot sesuai dengan artikel yang dibaca