Senin, 06 Juli 2015

7 Prodi paling progresif di Indonesia

Program Studi atau sering disingkat Prodi adalah pengelompokan jurusan yang diwadahi oleh fakultas di suatu Universitas atau Institut. Kini sangat banyak prodi yang menjanjikan lapangan pekerjaan dan peluang untuk berkakrir, tergantung minat dan kemampuan mahasiswa yang  menimba ilmu di Prodi tersebut.

Dari berbagai Prodi yang ada terdapat beberapa prodi yang laris dan mendapat peluang kerja yang baik dengan penawaran gaji yang beragam, tentunya Prodi-prodi tersebut menjadi buruan calon mahasiswa yang juga melihat peluang ini. Berikut daftar 7 Prodi yang sangat progresif di Indonesia :

Teknik Pertambangan / Perminyakan
Teknik Petambangan/Perminyakan merupakan Prodi yang sangat menjanjikan dengan tawaran gaji yang tinggi dan peluang kerja yang besar menambah hasrat calon mahasiswa untuk dapat masuk dalam prodi ini. Namun dengan gaji yang besar juga dituntut pekerja yang profesional dalam mengemban tugas, tidak mengenal waktu dan harus siap setiap saat menjadi santapan hari-hari didunia Pertambangan/Perminyakan.Prospek kerja sarjana Teknik Pertambangan bisa menjadi ahli pertambangan di PT. Aneka Tambang, Lembaga Geologi dan Pertambangan Nasional, Perusahaan Minyak dan Gas seperti Mobil Oil, Union Oil, PT. Arun, dsb. Perguruan Tinggi yang menyediakan Prodi ini adalah ITB, UPN, UNSRI dll.



Kedokteran
Menjadi seorang Dokter merupakan impian bagi sebagian besar orang, pengapdian dalam membantu banyak orang dengan tawaran gaji yang cukup besar juga merupakan daya tarik tersendiri prodi ini. Tidak hanya bekerja di Rumah Sakit, Seorang Dokter juga dapat membuka peluang usaha dengan membuka klinik praktik sendiri, tentunya yang telah mengantongi izin dan sudah berpengalaman dalam menangani setiap pasien yang berobat. Hingga saat ini program studi kedokteran masih tetap menjadi primadona bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah, hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya Univiersitas yang membuka prodi ini.




Teknik Sipil
Dengan semakin berkembanganya zaman dan jumlah penduduk yang kian bertambah Pemerintah ditutut dapat menyediakan pelayanan sarana dan prasarana yang memadai untuk kenyamanan masyarakat. Tentunya dengan pembangunan atau perbaikan infrastruktur, jelas dibutuhkan tenaga ahli yang dapat merancang hingga membangun infrastruktur tersebut. Apalagi dengan rencana pemerintah yang ingin pemerataan infrasturktur di beberapa daerah tertinggal menjadi peluang bagus untuk seorang Civil engineering. Prospek kerja dari sarjana Teknik Sipil dapat menjadi ahli teknik (perencana, konsultan) atau peneliti di perusahaan swasta nasional, swasta asing, LIPI, BPPT, Kementerian PU, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kehutanan dan Transmigrasi, dsb. Selain itu, dapat juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.



Teknik Geodesi
Teknik Geodesi mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan pengukuran bentuk bumi, medan gravitasi bumi, hubungan bumi dengan jagat raya. Ilmu utama yang mendasari Teknik Geodesi adalah Fisika dan Matematika. Tenaga Geodesi masih sangat kurang sehingga peluang kerjanya sangat banyak dan menjanjikan. Bekerja kepada pemerintah atau swasta dapat dipertimbangkan dengan melihat peluang karir yang baik dan juga kesejahteraan karyawan, tentunya Prodi satu ini masih minim peminat namun banyak permintaan SDM nya.


Teknik Kimia
 Teknik Kimia mempelajari cara mengolah suatu bahan menjadi produk yang memiliki dayaguna melalui proses kimia atau fisika. Teknik Kimia memiliki peluang kerja yang bagus dan menjanjikan dapat diperkerjakan di berbagai bidang yang berhubungan langsung atau tidak langsung dengan bahan kimia, seperti pabrik obat, tambang minyak, ilmu lingkungan, pengujian produk dll. 


Farmasi 
Farmasi merupakan kombinasi antara ilmu kesehatan dan ilmu kimia, dimana bidang ini mempunyai tanggung jawab memastikan efektifitas dan penggunaan obat dengan kata lain, farmasi adalah suatu profesi di bidang kesehatan yang meliputi kegiatan-kegiatan di bidang penemuan pengembangan, produksi, penggolahan, peracikan dan distribusi obat. 


Teknik Informatika/Komputer
Teknik Komputer atau Teknik Informatika adalah dua prodi yang berbeda. Kalau di Teknik Komputer, mempelajari tentang cara pembuatan perangkat keras (hardware) komputer. Sementara itu, di Teknik Informatika, mempelajari tentang cara pembuatan perangkat lunak (software) komputer. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Komputer/Informatika adalah matematika dan fisika. Prospek kerja sarjana Teknik Komputer/Informatika bisa menjadi ahli komputer (perencana, konsultan) atau peneliti di perusahaan asing, swasta nasional, maupun lembaga pemerintah. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Dari berbagai Prodi diatas masih banyak prodi-prodi lain yang juga menjanjikan namun belum dapat masuk dalam daftar 7 besar paling progresif menurut admin. Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan untuk meninggalkan komentar yang mendidik dan membangun, berbobot sesuai dengan artikel yang dibaca