Minggu, 12 Juli 2015

Kingdom Tower & Azerbaijan Tower dua bangunan tertinggi di Dunia

Saat ini Dunia dapat melihat kemewahan dan indahnya bangunan tertinggi di planet ini Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab. Menjulang tinggi menggapai langit bangunan ini menyedot banyak perhatian, dengan tinggi 828 meter bangunan yang diresmikan 4 Januari 2010 ini memegang title sebagai bangunan tertinggi di Dunia.

Desain interior dengan bentuk yang unik merupakan daya pikat bangunan pencakar langit ini. Adrian Smith adalah pelakunya, Arsitek berkebangsaan Amerika Serikat ini sebenarnya juga pernah merancang dua bangunan tertinggi di Dunia seperti Jin Mao Tower dan Trump International hotel.




Dengan memanfaatkan kebudaan setempat Adrian merancang bangunan dan mendesain isi bangunan Burj Khalifa menjadi satu kesatuan yang indah. Berikut ini merupakan tampak interior Burj Khalifa




Setiap sudut ruangan memiliki cita rasa tersendiri berbeda dari yang lain namun tetap memancarkan keindahan karakter arsitektur dari Adrian Smith.


Gambar ini diambil dari puncak bangunan Burj Khalifa


Tampak Burj Khalifa dari luar

Namun sepak terjang Adrian smith tak akan berhenti sampai disini, dikabarkan sang Arsitek akan kembali membangun bangunan pencakar langit yang akan mengalahkan rekor ketinggian Burj Khalifa. Kingdom Tower adalah proyek Adrian selanjutnya, proyek ini akan dibiayai oleh pangeran Arab Saudi Alwaleed Bin Tatal dengan modal US$ 1.23 miliyar (Rp 16,29 Triliun). Kingdom Tower direncanakan akan menghadap langsung ke laut merah dan memiliki tinggi 1000 meter atau 1 km. Bangunan ini masih memiliki ciri-ciri yang sama dengan Burj Khalifa yakni meruncing ke atas layaknya jarum.

Bila sesuai dengan rencana Kingdom Tower akan selesai pada akhir 2020. Jelas Dunia akan menantikan bangunan karya Adrian Smith ini.


Tampak depan Kingdom Tower

Kingdom Tower (kiri) & Burj Khalifa (kanan)
Namun sayangnya rencana menjadikan Kingdom Tower sebagai bangunan tertinggi didunia akan sirna, karena Azerbaijan juga berencana membangun Bangunan tertinggi didunia. Azerbaijan Tower adalah nama dari bangunan tersebut.

Azerbaijan Tower akan di bangun di kepulauan khazar, kepulauan buatan manusia yang terletak 25 km di selelatan kota Baku, Azerbaijan. Bangunan ini direncanakan akan memiliki tinggi 1050 meter atau berselisih 50 meter dengan tinggi Kingdom Tower. Bangunan ini akan memiliki 189 lantai dengan menelan biaya sekitar US$ 2 miliyar (Rp 26,5 Triliun). Proyek Azerbaijan Tower sendiri akan selesai antara 2020 sampai 2025. Setidaknya akan memberi waktu kepada Kingdom Tower memegang tittle Bangunan tertinggi di dunia sebelum direbut nantinya oleh Azerbaijan Tower.
Tampak Azerbaijan Tower dari atas

Tampak Azerbaijan Tower dari depan

Perbandingan Azerbaijan Tower dengan beberapa bangunan pencakar langit lainya

Patut ditunggu persaingan bangunan tertinggi didunia ini, karena tidak hanya tinggi bangunan ini juga pastinya akan memiliki arsitektur yang indah dengan interior modern. Atau mungkin saja akan muncul nama bangunan baru yang akan kembali meramaikan kompetisi ini setidaknya beberapa tahun kedepan.

Baca juga Tips menghasilkan Dollar nyaris tanpa modal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan untuk meninggalkan komentar yang mendidik dan membangun, berbobot sesuai dengan artikel yang dibaca