Minggu, 29 Maret 2015

Jenis-jenis pistol dalam Sejarah

Pistol merupakan senjata api yang sangat familiar di telinga kita, Pistol merupakan senjata api yang sangat efisien dibawa kemana saja namun untuk dapat menggunakannya anda perlu membuat surat izin dalam serangkaian tes untuk memilikinya. Di Amerika senjata api dijual dengan bebas dan memiliki aturan untuk menjual pada konsumen. Namun dalam beberapa kasus Pistol sering disalah gunakan untuk tujuan yang tidak bertanggung jawab.

Saat ini sangat banyak jenis pistol yang telah diproduksi oleh berbagai negara demi mempersenjatai Polisi atau Tentara negara tersebut. Akhirnya banyak bermunculan Pistol dengan kemampuan yang ditingkatkan, dan berikut merupakan beberapa jenis pistol dari masa-kemasa dengan perkembangannya.

1. Single shoot pistols
Pistol ini merupakan legend dari semua jenis Pistol, pasalnya Pistol ini merupakan konsep dasar dari sebuah senjata api. Sayangnya Pistol ini hanya dapat digunakan dalam sekali tembak dan harus diisi ulang. Bubuk yang digunakan juga tidak boleh basah agar dapat meledak dalam laras dan dapat menembakkan peluru pada sasaran.

2. Pistol laras ganda
Berbeda dengan Single shoot Pistols, senjata api ini memiliki beberapa laras yang digunakan, konsepnya agar dapat menembakkan peluru lebih dari sekali. Namun penggunaan Pistol ini masih jauh dari sempurna karena akan memakan waktu lama saat mengisi ulang bubuk dan peluru.

3. Revolver
Pistol Revolver merupakan Pistol pertama yang dapat menembakkan lebih dari sekali tembakan dengan satu laras. Peluru yang digunakan juga sudah di modifikasi sehingga tidak perlu lagi mengisi bubuk untuk menembakkan peluru. Pistol ini digunakan di Amerika pada abad 18, namun hingga sekarang Revolver masih sering digunakan sebagai salah satu alternatif Pistol untuk aparat penegak hukum di berbagai negera.

4. Semi-Automatic Pistols
Semi-Automatic Pistols adalah Pistol modern yang saat ini banyak digunakan, Pistol ini hanya perlu dikokang sekali dengan tenaga dari tembakan pertama, kemudian untuk tembakan kedua dan seterusnya tidak perlu dikokang karena telah otomatis dikokang dengan mekanisme kerja Pistol yang berbeda. Sehingga sangat efisien karen tidak membuang waktu, cara isi ulang peluru juga sangat mudah dengan kapasitas 6-12 peluru sehingga senjata api ini menjadi pilihan pertama dalam berbagai sektor Militer maupun Kepolisian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan untuk meninggalkan komentar yang mendidik dan membangun, berbobot sesuai dengan artikel yang dibaca